Pilmapres, Ajang Bergengsi bagi Mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi

Sebuah ajang kompetisi pemilihan mahasiswa berprestasi yang berhasil dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Februari 2022 di Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi. Kegiatan final pilmapres ini dimulai pada pukul 09.00 di Aula Akper Pemkab Ngawi. Pemilihan Mahasiswa prestasi ini bertujuan untuk memilih atau mencari dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ekstrakulikuler sesuai kriteria yang ditentukan.

Tak diragukan, seleksi yang dilakukan cukup ketat. Beberapa persyaratan harus dipenuhi mulai dari IPK minimal 3.00, mengumpulkan naskah gagasan kreatif, membuat video presentasi berbahasa inggris, aktif dalam organisasi dan lainnya. Pada tahun ini, sebanyak 13 peserta dinyatakan lolos seleksi berkas dan video presentasi berbahasa inggris yang telah dikumpulkan. Artinya, mereka masuk pada tahapan selanjutnya yaitu presentasi Naskah Gagasan Kreatif dihadapan Bapak dan Ibu Juri dilanjutkan dengan wawancara ataupun tanya jawab.

Tentunya proses ini tidak mudah bagi para peserta, butuh perjuangan yang cukup menguras tenaga dan pikiran terutama dalam hal pembuatan naskah gagasan kreatif yang menantang. Bagaimana mendapatkan ide dalam waktu yang singkat dan sebagainya. Hingga presentasi yang memerlukan banyak persiapan dan menuntut para peserta untuk belajar ekstra sembari mengikuti alur perkuliahan. Sangat luar biasa. Kegiatan yang terlaksana dalam satu hari penuh memberikan kesan yang mendalam di hati para peserta maupun para dewan juri. Suntikan semangat yang diberikan dari tiap peserta membawa mereka untuk terus berjuang dalam kompetisi besar ini. Sistem kejiaraan yang diambil adalah berdasarkan tingkat kreatif tentang ide yang dimuat dalam naskah gagasan kreatif, beberapa penghargaan/prestasi yang pernah diperoleh, penyampaian presentasi serta kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri.

Dari hasil tersebut, Juara 1 diraih oleh Fa’aya Bulan dari tingkat 1, sedangkan juara 2 diraih oleh Azzahra Fitrie dari tingkat 2 serta Juara 3 diraih oleh Hendri Setyawan dari tingkat 2. Selain meraih predikat juara, para finalis juga memperoleh hal baru. Mulai dari teman, ilmu hingga pengalaman yang berharga. Dengan adanya Pilmapres ini, merupakan salah satu upaya untuk mendorong tumbuh kembangnya kegiatan akademik di lingkup Akper Pemkab Ngawi khususnya pengembangan budaya berkompetisi dan berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.